Alat Ukur Teknik Otomotif Pdf

alat ukur teknik otomotif pdfAlat ukur teknik otomotif pdf merupakan rangkuman dari materi yang berisikan tentang peralatan ukur yang digunakan teknik otomotif. Meskipun alat ukur direncanakan dan dibuat dengan cara yang paling seksama, ketidaksempurnaan tidak bisa dihilangkan sama sekali.

Beberapa istilah yang dibahas antara lain adalah rantai kalibrasi, kepekaan, kemudahan baca, histerisis, kestabilan nol dan pengambangan. Alat ukur juga sangat penting dalam peranannya di bengkel las depok dalam membuat produk minimalis. Berikut ialah sifat umum dari alat ukur teknik otomotif pdf, antara lain:

  1. Rantai kalibrasi atau mampu usut
    • Meskipun hubungan antara perubahan jarak yang telah terjadi pada sensor dan perubahan harga yang ditunjukkan pada penunjuk atau pencatat dapat dihitung dan direncanakan secara teoritis, tetapi pada akhirnya setelah alat ukur selesai dibuat harus dilakukan suatu kalibrasi yaitu mencocokan harga-harga yang tercantum pada skala alat ukur standar dengan harga-harga standar.
  1. Kepekaan (sensitivity)
    • Setiap alat ukur mempunyai suatu kepekaan tertentu, yaitu kemampuan alat ukur untuk merasakan suatu perbedaan yang relatif kecil dari harga yang telah diukur. Misalnya dua alat ukur yang sejenis A dan B digunakan untuk memeriksa perbedaan panjang yang kecil.
  1. Kemudahan dalam membaca
    • Kemampuan sistem penunjukan alat ukur untuk memberikan suatu angka yang jelas dan berarti dinamakan “kemudahan baca”.
    • Begitupun dengan alat ukur meteran yang digunakan di setiap bengkel las di jakarta perlu ketelitian dalam membaca ukuran.
  1. Histerisis
    • Histerisis merupakan penyimpangan yang timbul sewaktu dilakukan pengukuran secara berkelanjutan dari dua arah yang berlawanan, yaitu mulai skala nol hingga skala maksimum kemudian diulangi dari skala maksimum sampai skala nol.
  1. Kepasifan atau keterlambatan reaksi
    • Kepasifan merupakan kejadian ketika suatu perbedaan atau perubahan kecil dari harga yang diukur tidak menimbulkan suatu perubahan apapun pada jarum penunjuk.
  1. Pergeseran
    • Apabila terjadi perubahan harga yang ditunjukkan pada skala atau yang dicatat pada kertas grafik, sedangkan sesungghunya sensor tidak mengisyaratkan suatu perubahan, maka kejadian ini disebut dengan pergeseran.
  1. Kestabilan nol
    • Apabila benda ukur diambil seketika maka jarum penunjuk harus kembali ke posisinya semula (posisi nol).
  1. Pengambangan
    • Pengambangan terjadi apabila jarum penunjuk selalu berubah posisi (bergetar), yaitu angka terakhir atau paling kanan dari penunjuk digital berubah-ubah.

Kesalahan atau Penyimpangan Dalam Proses Kalibrasi Alat Ukur Teknik Otomotif Pdf

Pengukuran merupakan proses yang mencakup ke dalam tiga bagian, diantaranya alat ukur, benda ukur dan orang. Karena ketikdak sempurnaan dari masing-masing bagian ini, maka bisa dikatakan bahwa tidak ada satu orang pun yang mengetahui pasti ukuran dari hasil kalibrasi alat ukur.